Inilah 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Stop Memakai Tusuk Gigi Mulai Sekarang Juga, Berbahaya!

adsense 336x280
Tolongshareya – Sahabat tolongshareya Meski terlihat sepele, keberadaan tusuk gigi terkadang menjadi yang paling penting saat kita berada di meja makan. Terlebih jika menu makannya daging-dagingan. Beberapa jenis makanan acap kali terperangkap di antara sela-sela gigi. Makanan yang menyelip di gigi akan menimbulkan perasaan tidak nyaman dan risih.



Bahkan jika tidak segera di ambil, makanan-makanan ini dapat menyebabkan bau mulut dan masalah yang lebih parah. Namun sayangnya penggunakaan tusuk gigi memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita.

Saat kamu menggunakannya secara lembut maka tidak akan menimbulkan masalah. Namun saat kamu melakukannya dengan frekuensi yang tinggi dan secara agresif pada gigi, maka ada kemungkinan ada masalah baru yang akan muncul.

Dilansir boldsky.com, berikut 7 masalah yang membuatmu harus segera berhenti menggunakan tusuk gigi:

1. Abrasi

Penggunaan tusuk gigi untuk mencongkel sisa makanan di bagian gigi yang sulit dijangkau bisa menyebabkan abrasi. Abrasi gigi dapat mengenai permukaan email, bahkan mencapai dentin atau permukaan yang lebih dalam. Apabila abrasi gigi sudah mengenai permukaan gigi yang semakin dalam (dentin gigi sampai terbuka), maka akan menyebabkan gigi sensitif.

2. Gigi berjarak

Membersihkan sisa makanan dengan tusuk gigi juga berpotensi menyebabkan jarak di antara gigi.

3. Penyakit gusi

Penggunaan tusuk gigi secara terus-menerus tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan gigi, tetapi juga gusi. Jika hal itu terjadi, maka makanan akan semakin mudah menyangkut.

4. Kerusakan enamel Gigi

Saat seseorang menggunakan tusuk gigi, dalam proses itu mereka juga cenderung mengunyah tusuk gigi yang terbuat dari plastik atau kayu. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada enamel gigi.

5. Menghancurkan Veneers

Veneers yang kamu gunakan untuk melindungi rongga gigi akan hancur karena sering menggunakan tusuk gigi.

6. Merusak akar gigi

Sering menggunakan tusuk gigi bukan hanya mempengaruhi gusi tapi ketika gusi yang bergerak turun dari posisi sebenarnya. Hal itu juga akan menyebabkan kerusakan pada akar gigi. Selain itu kebiasaan ini bisa menyebabkan rasa sakit dalam beberapa kasus.

7. Bau nafas

Tusuk gigi umumnya digunakan untuk menghilangkan makanan yang terjebak di antara gigi. Maka, saat makanan ini berada di sana untuk jangka waktu yang lama dan ketika ini dibersihkan menggunakan tusuk gigi, maka akan memicu bau mulut.

Sebagai salah satu alternatif, kamu bisa menggunakan air untuk berkumur setelah makan. Kamu bahkan juga bisa melakukan flossing akan membantu.

Nah sahabat tolongshareya itulah penjelasan mengenai bahaya jika menggunakan tusuk gigi. Semoga bermanfaat.


Sumber: tribunnews.com
adsense 336x280

1 Response to "Inilah 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Stop Memakai Tusuk Gigi Mulai Sekarang Juga, Berbahaya!"