Subhanallah..Inilah Kedahsyatan Doa Sapu Jagad

adsense 336x280
Tolongshareya – Sahabata tolongshareya Anda pasti pernah mendengar doa yang berbunyi “Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil-akhirati hasanah,wa qina 'adzabannar”. Ya, ini adalah doa sapu jagad yang ringkas namun penuh makna. Doa ini menurut para ulama mencakup seluruh permintaan manusia. Karena itu dinamakan doa sapu jagad.  Pasalnya seluruh permohonan manusia pada hakikatnya tidak lepas dari kebahagiaan dunia dan akhirat.



Dari Anas bin Malik, Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah SAW berkata “Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah SAW adalah doa sapu jagad yang artinya “Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka”.” (HR. Bukhari). Doa sapu jagad termasuk dari surah Al-baqarah ayat 200 dan ayat 201.

Meski banyak dipanjatkan dalam majelis, namun tidak banyak yang tahu apa sebenarnya manfaat dari bacaan doa ini. Padahal dalam ajaran Islam, doa yang sering dipanjatkan oleh Rasulullah SAW adalah doa yang mustajab. Doa ini disyari’atkan untuk dibaca di segala kondisi

1. Doa sapu jagad mencakup tiga hal yaitu meminta kenikmatan dunia, kenikmatan akhirat dan terbebas dari api neraka. Bukankah ini yang tujuan hidup manusia, tidak hanya melulu doa untuk di dunia, namun juga berdoa untuk kehidupannya di akhirat kelak. Sehingga jika sering memanjatkan doa ini, Insyaallah dikabulkan Allah SWT sebab termasuk doa yang sering dipanjatkan Nabi Muhammad.

2. Doa sapu jagad juga dipercaya bisa mendatangkan jodoh yang soleh dan soleha. Hal ini berdasarkan tafsir dari Ibnu Abbas Abbas rodhiyallohu ‘anhuma, yang mengatakan bahwa makna hasanah atau kebahagian dunia salah satunya adalah menikahi orang yang shaleh dan soleha. Maka dari itu, sering membaca doa ini setelah shalat bisa mendekatkan jodoh.

3. Meski pendek dan ringkas, ternyata doa ini juga mencakup dengan nikmat sehat yang diinginkan manusia. Membaca doa ini sehabis shalat, insyaallah bisa selalu menyehatkan tubuh lahir dan batin.

4. Doa ini juga bisa melapangkan hati orang yang mendapat musibah. Nabi Muhammad SAW pernah membaca doa ini ketika menjenguk kerabatnya yang sedang sakit. Dan Allah pun menyembuhkannya.

5. Dalam doa ini juga terdapat kata “wa fil âkhirati hasanah”, yang artinya “dan juga kebahagiaan akhirat”. Yang dimaksud dengan hasanah di akhirat adalah : terbebas dari rasa takut, di Padang Mahsyar mendapat naungan Allah, meraih syafaat dari Rasulullah saw, mendapat hisab yang ringan, selamat dalam menyeberangi jembatan antara dua tepi neraka jahannam, selamat dari kebangkrutan pahala, mendapat ampunan dan ridha Allah, menikmati surga yang abadi dan puncaknya dapat bertemu dengan Allah SWT.

6. Akhirnya, doa “sapu jagat” itu dipungkas dengan “wa qinâ ‘adzbânnâr”  yang artinya “dan hindarkanlah kami adzab api neraka”. Kenapa doa ini diakhiri dengan permintaan terhindarnya dari api neraka?” Karena kebaikan di akhirat – seperti masuk surga – bisa jadi diperoleh setelah mengalami siksa terlebih dahulu. Maka penggalan ketiga dalam doa ini menjadi penting. Semoga!!! Walahu A’lam


Sahabat tolongshareya begitu luar biasa dan ampuhnya do’a sapu jagad ini, begitu ringkas, namun makna yang dikandung begitu mendalam. Itulah do’a yang seharusnya bisa kita rutinkan. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.Silahkan bagikan ke semua sahabat dan saudara anda.
adsense 336x280

0 Response to "Subhanallah..Inilah Kedahsyatan Doa Sapu Jagad"

Post a Comment