Saat Suami Tidak Menafkahi Apakah Boleh Istri Minta Cerai

adsense 336x280
Tolongshareya – Sahabat tolongshareya Ada curhatan seorang teman mengenai masalah rumahtangga adiknya yang seolah diujung tanduk . Sang suami bukan tipikal seorang lelaki yang tahan banting menghadapi kehidupan terutama untuk kewajibannya memberi nafkah kepada anak istrinya, padahal  hal tersebut adalah merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari.



Memang seperti ini menjadi dilema para istri, apalagi dalam pernikahan mereka sudah ada buah hati dan ini adalah merupakan hal yang terberat untuk memutuskan akan diteruskan tidak ikatan pernikahan mereka. Dan sedihnya, hal ini bukan hanya kisah tunggal, maksudnya banyak sami-suami yang berbuat serupa.

Sahabat tolongshareya pertanggungjawaban untuk memberi nafkah yang selayaknya tiak terlalu digubris oleh para suami, para suami yang ‘tak menyenangkan’ ini malah asyik dengan hobinya yang tidak ketahuan juntrungnya, bersikap lemah tidak bersemangat mengejar rezeki Allah yang baik, bahkan lelaki pemalas ini malah banyak ongkang-ongkang dengan teman-temannya. Hal ini juga diperparah dengan menggantungkan istri, saat istrinya punya pekerjaan. Dunia yang terbalik.

Selayaknya rumahtangga dibangun atas dasar pemenuhan hak-hak dan kewajiban suami-istri agar menjadi rumahtangga yang sakinah mawaddah warohmah dan inilah yang menjadikan idaman setiap keluarga. Dan ingat memberi nafkah lahir batin itu bukan hanya sekedarnya namun sudah menjadi kewajiban suami, sementara istri punya kewajiban untuk taat kepada suami.

Allah Ta’ala berfirman, “…dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf.” (QS Al Baqarah: 233). Rasulullah saw juga bersabda, “Kewajiban kalian (suami) atas mereka (istri) memberikan makanan dan pakaian dengan baik.”

Nah sahabat tolongshareya apabila suami ‘ingkar’ untuk memberikan kewajibannya dengan baik pada keluarganya, maka apa yang mesti dilakukan? Bolehkan istri menuntut bercerai pada suaminya kepengadilan Agama. Jawabannya boleh. Gugatan ke Pengadilan Agama disebut tafriq qadha’i (perceraian melalui pengadilan agama). Hal ini sebagaimana tertuang dalam shighat ta’liq yang dibacakan atau diikrarkan oleh suami saat akad nikah berlangsung.


Dalam ucapan ikrar itu terdapat poin-poin yang harus dipahami oleh suami istri saat menjalani kehidupan berumahtangga yakni apabila seorang suami:

1. Meninggalkan istri selama dua tahun berturut-turut.

2. Atau tidak memberi nafkah wajib kepadanya selama tiga bulan lamanya.

3. Atau menyakiti badan/jasmani istri.

4. Atau membiarkan (tidak memedulikan) istri selama enam bulan.

Apabila suami melakukan salah satu dari keempat poin tersebut dan istri tidak ridha, maka istri dapat mengadukannya kepada Pengadilan Agama atau petugas yang diberikan hak mengurus pengaduan itu. Pengaduannya bisa dibenarkan serta diterima oleh pengadilan atau petugas tersebut dan istri membayar uang pengganti atau ‘iwadh kepada suami.

Apabila proses ini berjalan dengan baik maka jatuh talak satu kepadanya.Begitulah bunyi shighat ta’liq. Dan ini bukan hanya saja tertera di buku nikah, namun bisa menjadi acuan bagi para istri untuk bisa mencari keadilannya apabila suami tidak memberikan nafkah yang seharusnya ia terima selama 3 bulan berturut-turut atau bahkan bertahun-tahun.

Maka untuk para suami, jangan lalaikan kewajiban pokok untuk menafkahi anak istri dan memberikannya secara patut, jangan pelit pada mereka jika sebenarnya bisa memberikan uang lebih dari yang diberi saat keadaan sangat membutuhkan. Kehidupan rumahtangga yang beragam ini jangan dijadikan duri dalam daging yang membuat istri selalu tertekan untuk membicarakan atau melakukan suatu upaya hukum ke pengadilan Agama, saat suami sudah tidak memperdulikan lagi keadaan istri dan keluarga.

Semoga informasi diatas bisa menjadi pelajaran berharga bagi setiap rumah tangga dan bagi orang-orang yang akan melangsungkan pernikahan. Pahami hak dan kewajiban suami dan istri agar kelak menjadi rumah tangga yang sakinah mawadah warahmah. Aamiin





Sumber:ukhtiindonesia


adsense 336x280

0 Response to "Saat Suami Tidak Menafkahi Apakah Boleh Istri Minta Cerai"

Post a Comment